Senin, 21 Oktober 2019

Irwan Adnan Berbagi Pengetahuan di Lokakarya Manajemen Perkotaan Unhas

Data C 1 Plano Berbeda dengan Data yang Terinput di KPU

KATAKOTAKITA– Lokakarya Pengembangan Kurikulum Program S2 Manajemen Perkotaan digelar di Four Point Sheraton Makassar, Sabtu (18/3/2017).

Lokakarya ini menghadirkan Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Makassar, Irwan Adnan menjadi narasumber. Hadir pula Kepala Dinas Perumahan Kota Makassar Fathur Rahim dan para pengampuh mata kuliah seperti Prof. Abrar, Prof. Asdar dan Prof. Yamin yang dipandu oleh moderator, Prof. Dr. Tri Sutomo, M.Eng.

Irwan Adnan membagikan pengetahuan dalam manajemen perkotaan dan keterlibatan partisipatif masyarakat. Dia memaparkan implementasi konsep dengan pengalamannya di lapangan.

“Kunci dalam mengelola pemerintahan, yakni menemukan akar permasalahan dan mengelaborasi alternatif solusi kemudian memutuskan dengan mempertimbangkan pilihan yang maksimum profit dan benefit dengan minimum resiko dan social disorder,” jelas Irwan Adnan yang merupakan alumnus Pascasarjana Manajemen Perkotaan Unhas.

Menurutnya, birokrasi harus menemukan pola yang dapat membangkitkan kesadaran dan partisipasi warga kota dalam program kerja. Dimulai dari mengidentifikasi akar persoalan, solusi alternatif, prioritas program kerja, hingga action plan disertai rentan waktu agar tingkat keberhasilan dapat terukur.

Top